Test Footer

Selasa, 31 Januari 2006

90) Siapakah yang ingin membunuh Yohanes Pembaptis? Herodes (Matius 14:5) ataukah Herodias? (Markus 6:20)

90) Siapakah yang ingin membunuh Yohanes Pembaptis? Herodes (Matius 14:5) ataukah Herodias? (Markus 6:20)



JAWAB : (Kategori : Salah memahami maksud penulis)



Bacalah Matius 14:1-11 dan Markus 6:14-29 Kontradiksi semu di atas menunjuk pada perkiraan, "Apakah Herodes ingin membunuh Yohanes Pembaptis, atau tidak?"



Pendebat Shabbir Ally menggunakan Matius 14:5 sebagai ayat pendukung untuk membuktikan Herodes berniat membunuh Yohanes, Sedangkan Markus 6:20 membuktikan bahwa Herodes tidak ingin membunuhnya. Padahal cerita pada kedua kitab di atas saling melengkapi. Jika kita membaca keseluruhan kisah pada Matius 14:1-11 dan Markus 6:14-29, maka sejauh yang kita baca didalamnya tidak terdapat pertentangan apapun. Pada kedua Kitab di atas, kita baca bahwa Herodes memerintahkan untuk memenjarakan Yohanes Pembaptis atas desakan dan pengaruh istrinya, Herodias.



Jadi jelas, pengaruh itulah yang menjadi faktor penting atas dipenggalnya kepala Yohanes Pembaptis. Markus menuliskan cerita ini lebih mendetail dibandingkan dengan Kitab Matius yang ditulis belakangan. Karena itu Matius tidak mau membuang-buang waktu dengan menceritakan hal-hal yang sudah diketahui sebelumnya melalui kitab Markus. Hal lainnya yang perlu diperhatikan juga, Markus tidak mengatakan dalam kitabnya, bahwa Herodes tidak mau membunuh Yohanes Pembaptis, tetapi disebutkan bahwa Herodes menyimpan ketakutan kepadanya, karena Yohanes Pembaptis adalah orang benar dan suci, dan ditambahkan lagi oleh Matius, karena Yohanes mempunyai pengaruh besar di antara banyak orang. Dengan demikian, tidak ada kontradiksi, Matius dan Markus saling melengkapi kisah Yohanes yang dihukum mati dengan cara dipenggal.

0 komentar :

Posting Komentar

Blogroll